Biodata Lengkap Sandiaga Uno Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif

Profile dan Biografi singkat Sandiaga Uno. Dia dikenali sebagai satu diantara figur pebisnis Indonesia yang paling sukses. 

Tidak hanya sebagai pebisnis, Dia aktif dalam politik. Sandiaga diketahui pernah menjabat menjadi Wakil Gubernur DKI Jakarta dan pernah jadi calon wakil presiden pada pemilihan presiden tahun 2019. 

Sekarang ini dia menjabat sebagai menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif. Sandiaga Uno tidak lahir dari ‘background‘ keluarga Pengusaha kaya. Dia meniti usahanya dari 0.

Jatuh bangun dalam membuat usahanya telah dia alami. Berikut profile dan Biografi Sandiaga Uno secara singkat dan kisahnya jadi seorang pebisnis dan seorang politik.

 
BiodataSandiaga Uno
Nama Asli Sandiaga Salahuddin Uno
Nama Panggilan Sandiaga Uno
Tempat,Tanggal Lahir Rumbai, Riau, 28 Juni 1969
Profesi Utama Pengusaha,Politikus,Menteri Pariwisata
Orang Tua Razif Halik Uno (Ayah), Mien R. Uno (Ibu)
Istri Nur Asia
Anak Sulaiman Saladdin Uno, Anneesha Atheera Uno, Amyra Atheefa Uno
Agama Islam
Kekayaan 5 triliun Rupiah (LHKPN, 2018)
Instagram @sandiuno

Biodata Lengkap Sandiaga Uno

Biodata Sandiaga Uno

Pria yang memiliki nama lengkap Sandiaga Salahudin Uno ini terlahir di Rumbai, Pekanbaru, Riau pada tanggal 28 Juni 1969. Ia merupakan anak dari Razif Halik Uno dan Mein R. Uno. Ayahnya berasal dari Gorontalo.

Hal ini dapat dilihat dari nama belakang Sandiaga yang bermarga Uno. Ayah Sandiaga sebelumnya bekerja sebagai pegawai di perusahaan Caltex di Riau, setelah tidak bekerja lagi, Ayah Sandiaga selanjutnya memboyong keluarganya ke Jakarta di tahun 1970an.

Riwayat Pendidikan

Sandiaga mengawali pendidikannya di SD PKSD setelah itu ke SMP 12 Wijaya Jakarta Selatan dan meneruskan sekolahnya ke SMA Katolik. Sandiaga Uno adalah sosok yang pintar, ini terbukti saat dia kuliah di Wichita State University di Kansas, Amerika, dia sukses lulus dengan predikat Summa Cum Laude.

Setelah lulus dari Wichita State University, dia selanjutnya bekerja di Bank Summa milik William Soeryadjaya. 

Karena performanya yang cukup baik di perusahaan, satu tahun selanjutnya dia menerima beasiswa untuk meneruskan kuliahnya di George Washington University, Amerika Serikat. Dia menamatkan kuliahnya dengan mendapat IPK sempurna 4.00 sebagai sebuah prestasi yang membanggakan

Bekerja di Singapura

Selanjutnya di tahun 1993, dia bekerja di Singapura dan memutuskan bergabung dengan perusahaan Investasi bernama Seapower Asia Investment Limited sebagai manager Investasi.

2 tahun selanjutnya tepatnya di tahun 1995, dia selanjutnya pindah ke Kanada dan bekerja di perusahaan bernama NTI Resources Ltd dengan status sebagai Executive Vice President NTI Resources Ltd.

Biodata Lengkap Sandiaga Uno

Pernah Menjadi Pengangguran

Upahnya saat itu sebesar 8.000 Dollar perbulan. Tetapi seperti kata peribahasa "Roda Kehidupan terus berputar-putar". Badai krisis moneter yang terjadi di tahun 1997, menyebabkan perusahaannya terkena dampaknya. Perusahaannya selanjutnya bangkrut dan mulai melakukan PHK (Pemutusan Hubungan Kerja) termasuk pada dirinya.

Sandiaga Uno pada akhirnya memilih untuk kembali ke Indonesia dan memulai usaha baru. Walau posisinya saat itu sebagai pengangguran. Langkah awal yang dilakukan ketkika di Indonesia ialah mencari pekerjaan baru tapi hasilnya tidak sama seperti yang diharapkan.

Lamaran pekerjaanya bahkan juga di tolak oleh 25 perusahaan. Pengalaman memang mengajarkan segalanya. Hal inilah yang selanjutnya menjadi titik balik dari Sandiaga Uno, dia selanjutnya merubah mindsetnya dari pegawai jadi seorang pebisnis.

Pengusaha Kecelakaan

Saya ini menjadi seorang pengusaha karena ‘kecelakaan'. Sebagai seorang pebisnis yang lahir dari kecelakaan, saya tidak mendesain jadi seorang pengusaha.

Pengalaman yang diterimanya kemudian dia coba gunakan dengan mencoba membuat perusahaan yang memiliki nama PT Recapital Advisors di tahun 1997 yang beroperasi di sektor layanan konsultan keuangan. Perusahaan itu dia dirikan bersama-sama dengan rekan SMA nya yang bernama Rosan Perkasa Roeslani.

Tetapi tidak semua yang diinginkan terus berjalan lancar, banyak calon client memandang sebelah mata potensi dari Sandiaga Uno. Sampai pada akhirnya enam bulan setelah perusahaan itu didirikan ada perusahaan yang pada akhirnya menggunakan jasanya.

Mendirikan Perusahaan Investasi

Dalam biografi Sandiaga Uno diketahui jika satu tahun kemudian persisnya di tahun 1998, dia bersama Edwin Soeryadjaya kemudian membangun perusahaan Investasi bernama PT Saratoga Investama Sedaya.

Dengan bekal jaringan (network) yang bagus dengan perusahaan atau lembaga-lembaga keuangan yang ada di dalam negeri atau luar negeri, perusahaan yang dibangun oleh Sandiaga Uno selanjutnya pada akhirnya sukses.

Perusahaan investasinya beroperasi di sektor telekomunikasi, pertambangan dan produk kehutanan. Mekanisme perusahaannya adalah mengumpulkan modal dari beberapa investor kemudian mengakuisisi perusahaan yang memiliki permasalahan keuangan selanjutnya memperbaiki performa perusahaan itu. 

Setelah performa perusahaan itu telah terlihat cukup baik, selanjutnya perusahaan itu dijual kembali tentu pada harga yang semakin tinggi. Salah satunya perusahaan yang pernah dia akuisisi ialah Bank BTPN.

Sekarang ini dia menjabat sebagai CEO atau pimpinan di sejumlah perusahaan besar seperti Saratoga Capital, PT Tower Bersama Infrastruktur Grup Tbk, PT Adaro Energy Tbk, dan di PT Recapital Advisor.

Biodata Lengkap Sandiaga Uno

Masuk Menjadi Orang Terkaya di Indonesia

Majalah Forbes memasukkkan namanya di dalam daftar 40 orang paling kaya di Indonesia dengan keseluruhan kekayaan senilai US$ 400 juta dan berada diperingkat 29 tahun 2013.

Perusahaan investasinya yakni Saratoga Capital dikenal sebagai firma investasi paling besar di Indonesia yang mempunyai karyawan sejumlah 20 ribu orang. Namun pada tanggal 10 Juni 2015, dia resmi mengudurkan diri sebagai Direktur Utama di PT Saratoga Investama Sedaya Tbk.

Tempatnya diganti oleh Michael Soeryadjaya yang merupakan cucu dari William Soeryadjaya, Pendiri PT Astra International. Saat ini, Sandiaga Uno menjabat sebagai Komite Ekonomi Nasional dan bendahara Ikatan Cendikiawan Muslim Indonesia.

Dia aktif selaku pembicara khusus di beberapa seminar kewiraswastaan, menurut dia keberanian dan kepercayaan diri ialah kunci pembuka jalan untuk raih keberhasilan hari esok.

Menurut Sandiaga, merintis usaha selain itu menurutnya jaringan relasi menyumbang 30 % kesuksesan selebihnya berawal dari usaha keras dan menjaga keyakinan dalam membangun bisnis.

Kekayaan Sandiaga Uno


Diketahui keseluruhan kekayaan Sandiaga Uno sekitar 3,8 Triliun rupiah berdasar Laporan Harta Kekayaan Pelaksana Negara (LKHPN) pada september 2016 waktu dia memutuskan untuk maju untuk jadi kontestan pemilihan kepala daerah Jakarta.

Berdasar data yang digabungkan dari majalah bisnis Globe Asia di tahun 2017 keseluruhan kekayaan Sandiaga Uno ditaksir capai 7.2 triliun rupiah tetapi di tahun 2018, keseluruhan kekayaan Sandiaga Uno berkurang sampai sekitar 4.3 triliun rupiah atau sekitar 300 juta dollar. 

Dari keseluruhan kekayaannya itu, Nama Sandiaga Uno masuk ke barisan 100 orang paling kaya di Indonesia versi majalah bisnis Globe Asia.

Kekayaan Sandiaga Uno di tahun 2020 tercatat sekitar 5 triliun sebagaimana mengacu pada laporan kekayaan pelaksana negara (LHKPN) yang dia ajukan di tahun 2018 waktu maju sebagai cawapres.

Keluarga Sandiaga Uno

Mengenai keluarga, Sandiaga Uno menikah dengan Nur Asia. Dikutip dari kumparan.com, Mereka telah berhubungan semenjak di bangku sekolah SMP dan merajut hubungan sampai ke kursi kuliah dan menikah.

Dari pernikahannya ini, Sandiaga memiliki 3 orang anak bernama Sulaiman Saladdin Uno, Anneesha Atheera Uno, dan Amyra Atheefa Uno

Karier Politik Sandiaga Uno

Sandiaga Uno dikenal sebagai seorang pebisnis besar yang mempunyai banyak perusahaan dan termasuk dalam daftar orang paling kaya di Indonesia. Tetapi dia memilih masuk ke dunia politik sama seperti beberapa pebisnis yang lain.

Biodata Lengkap Sandiaga Uno

Wakil Gubernur DKI Jakarta

Namanya ramai jadi pembicaraan warga di Jakarta saat dia memilih terjun ke dunia politik dan maju sebagai calon wagub DKI Jakarta yang diusung oleh partai Gerindra bersama-sama dengan Anies Baswedan selaku calon Gubernur DKI Jakarta.

Di Pemilihan kepala daerah DKI Jakarta yang dilakukan dua perputaran, Anies Baswedan dan Sandiaga Uno sukses unggul dari rivalnya yakni Basuki Tjahaja Purnama dan Djarot Syaiful Hidayat.

Calon Wakil Presiden 2019

Pada agustus 2018, Nama Sandiaga Uno diputuskan sebagai cawapres menemani Prabowo Subianto yang maju sebagai capres pada Pemilihan presiden 2019. Pemilihan Sandiaga sebagai cawapres ini membuat dia harus melepaskan jabatannya sebagai Wakil Gubernur DKI Jakarta.

Tetapi pada hasil pemilihan umum tahun 2019, pasangan Prabowo dan Sandiaga tidak berhasil melaju menjadi presiden dan wapres sebab dikalahkan oleh pasangan Joko Widodo dan KH Ma'ruf Amin yang terpilih menjadi presiden dan wapres. 

Menjabat Menjadi Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif

Di bulan Desember 2020, Sandiaga Uno dipilih oleh presiden Joko Widodo menjadi Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif dalam kabinet Indonesia Maju. Sandiaga menggantikan Wishnutama yang awalnya menjabat selaku Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif.

var jumlah
Michelle Gea

Suka menulis, membaca, dan mendesain. Berusaha membuat yang terbaik untuk kalian

Previous Post Next Post